~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~    ~~~~~~~   

Home » » Syarat & Proses Pencairan Dana JHT (JAMSOSTEK)

Syarat & Proses Pencairan Dana JHT (JAMSOSTEK)

Posted by Dagul on Kamis, 16 Oktober 2014

Ass…WR…WB...
Dan salam sejahtera buat sobat blogger dimanapun anda berada, oyah akhir thn 2013 lalu saya mencairkan saldo jamsostek (JHT) saya lho sobat “hihih… mesti Cuma gak seberapa tapi Alhamdulillah.. uang yang tak disangka-sangka”. Tapi waktu itu namanya masih JAMSOSTEK (JHT), belom berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Salah satu alesan saya mencairkannya dulu, saya kefikiran sobat, ntar kalo namanya berubah jadi BPJS Kesehatan "tambah ribet, ato gimana yah", makanya saya buru-buru, tapi kata petugasnya seh gak ada yang berubah hanya namanya saja. Malah saya agak nyesel karena ternyata jamsostek itu berbunga diawal tahun sobat, yaitu bulan januari-februari lah kata pegawai nya. Tapi udah terlanjur.

Truee story: Setelah finish di 2 perusahaan asing yang masing –masing punya orang jepang di kawasan Batamindo Industrial Park (Kawasan Muka Kuning Batam), Awalnya saya kerja di PT Japan Servo Batam. Sayang PT nya pindah ke Vietnam salah satu alesannya seh, ialah upah karyawan disana yang masih lumayan murah dan pajak keluar masuk barang masih lebih rendah ketimbang di Batam (Indonesia). dan yang kedua di PT Shimano Batam.

Kembali ketopik, Pengambilan Dana JHT (Jamsostek) sifatnya nasional jadi bisa dicairkan dimana saja sobat. Dan buat sobat yang berniat ngecairin saldo Jamsosteknya bisa dibaca coretan saya berikut. Siapa tau bermanfaat,

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu sobat persiapkan sebelom go to kantor jamsostek (BPJS Kesehatan), cekidottt..:
  1. Pastikan kartu JHT jamsostek sobat sudah dinonaktifkan oleh perusahaan tempat sobat terakhir bekerja (sudah tidak terisi duit/saldo, paling tidak 3 bulan terakhir).
  2. Usia kartu jamsostek sobat sudah 5 thn lebih (kalau usianya dibawah 5 tahun, balik ke no 1).
  3. Lengkapi syarat-syaratnya antara lain: 
  • KTP sendiri  (Asli dan Copyan ‘1 lembar’)
  • Kartu jamsostek asli (Kartunya ntar diambil pihak jamsostek)
  • Pengalaman kerja dari semua perusahaan (Asli dan Copyan ‘1 lembar’), kalau ada salah satu pengalama kerja sobat yang ilang atau tidak ada otomatis saldo selama sobat bekerja diperusahaan tersebut tidak bisa dicairkan.
  • KK/Kartu keluarga (Asli dan Copyan ‘1 lembar’)
  • Materai 6000 1 lembar.
  • Ijazah SMA/K (PERHATIAN : Untuk sobat yang mempunyai perbedaan penulisan nama atau tanggal lahir di KTP, KK, Pengalaman kerja atau di Kartu jamsosteknya sendiri Intinya HARUS SAMA SEMUA.     Contoh: nama  Atang Rahman ditulis Atang Rachman

Asal syarat-syaratnya lengkap prosesnya cepet kok, ada yang bilang 1 hari tapi waktu saya ngambil prosesnya 2 hari, tapi 1 harinya paling sampai jam 10an aja, tapi dengan catatan sobat mesti dapet no antre yang terdepan lho dan udah ngisi formulir pengambilan dana Jamsostek “kalo bisa sobat ambil aja dulu form nya isi dirumah, cz kalo ngisi disana dijamin tidak dapat no antree, saking berebut antre”. Karena biasanya kantor jamsostek hanya menerima 50an berkas yang bisa dilayani setiap hari. Jadi sobat usahakan antre paling depan yah “karena keseringan berebut tu buat masuk”.

Pengalaman saya, hari pertama dulu, masukin berkas/syarat-syarat yang diatas, kemudian dicek Buapak security atau pegawai jamsosteknya sendiri. Kamudian saya dikasi sebuah lembaran yang di situ ada waktu dan tanggal pengambilan duit kita sobat. Oh ya, jangan sampai sobat lewat dari tanggal yang ditetapkan lho, pegawainya pasti akan ngomel dan mempersulit sobat ntar.

Catatan penting lainnya ialah:
  1. Saldo jamsostek bisa dibayarkan secara berkala dan atau sekaligus sobat.
  2. Kita bisa memilih proses pembayarannya "cash atau via transfer ATM":

  •     Untuk saldo jamsostek dibawah 7 juta biasanya cash dan langsung dikasi dikantornya hari itu juga sesuai dengan lembaran kita tadi
  •     Untuk saldo di atas 7 juta biasanya ditransfer pihak jamsostek ke rek kita masing-masing tapi mesti nunggu 2-3 harian lah.
  •     Jangan lupa ucapkan terima kasih pada pegawai jamsosteknya ya, dan pulang hati-hati bawa duitnya, liat kiri kanan “maklum bawa duit banyak ….”

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Dagul. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Atang Rahman and BelajarCopas